Pesan Blog


Kustom Pencarian

Loading

Jumat, 19 Maret 2010

Tips Menghafal Alqur'an Dengan Cepat.

Bookmark and Share
[Dah Dilihat Kali]


menghafal alquran dengan cepat dan Hafal al-qur'an dengan tajwid dan suara yang bagus, adalah dambaan seorang muslim yang berhati suci. Namun untuk meraih semua itu butuh pengorbanan. Dan sebuah pengorbanan tidak akan tercapai dengan santai-santai dan berleha-leha.

Seperti yang dikatakan oleh seorang penyair, :''Engkau mengharap keberhasilan namun engkau tak meniti jalan menuju keberhasilan tersebut, sesungguhnya perahu tidaklah berjalan di daratan''
Dalam perkataan nya yang lain disebutkan,''Sesuai dengan kadar usaha nya, dicapailah apa yang ia inginkan. Dan barangsiapa yang mencari ''nilai yang cumloud'', maka ia harus begadang malam''
Dari dua sya'ir ini kita dapat mengetahui, bahwa puncak keberhasilan seseorang terletak pada kadar usaha nya. Apabila usaha seseorang tidaKlah maksimal, maka yang di dapatnya pun tidaklah maksimal pula. Begitu pula sebaliknya.Seperti apa yang di katakan oleh seseorang, :''Barangsiapa yang cita-citanya, terletak pada perutnya, maka puncak keberhasilannya, apa yang keluar darinya''

Sulit, emanglah sulit untuk merealisasikan semua itu, nah, disitulah letak pengorbanan
berada. Dan yang perlu di ingat, bahwasanya, pengorbanan yang benar-benar bulat, tidaklah terwujud tanpa adanya niat yang tulus dan semangat yang membara yang ada di hati kita.
Seperti apa yang dikatakan oleh rosulullah shollallahu 'alaihi wasallam :''Bahwasanya sebuah amalan tergantung pada niatnya''

Maka dengan adanya semangat yang membara, dan niat yang benar-benar bulat, sebuah pengorbanan, dan kerja keras tidaklah memberikan kesan yang lelah dan loyo di mata seseorang.
Semakin ia, bekerja keras, smakin haus pula kemenangan yang ia ingin perolehnya.

Itulah sedikitnya motivasi yang dapat mengantarkan kita kepada apa yang kita inginkan. Namun tidaKlah berhenti sampai disini saja. Masih banyak beragam tips menghafal alquran dengan cepat. dan mengantarkannya tuk menjadi seorang yang hafizh al qur'an.

1. Meninggalkan maksiat.
Salah satu poin yang sering diabaikan oleh kebanyakan manusia adalah, poin nomor1. Pada poin inilah, sangat penting tuk kita perhatikan dimana, dg adanya maksiat maka timbullah rasa malas dan susah bagi kita untuk menghafal. Karena maksiat adalah kegelapan. Seperti yang dikatakan oleh imam syafi'i dalam perkataan nya yang masyhur, ia berkata:''Saya mengadu kepada waqi', perihal buruknya hafalan saya. Maka ia pun memberikan petunjuk pada ku agar aku meninggalkan kemaksiatan. Karena ilmu adalah cahaya. Dan cahaya Allah, tidaklah diberikan kepada orang yang bermaksiat kepada Allah''.
Juga yang tak kalah pentingnya adalah, jangan sampai Al-qur'an menjadi hujjah atas kita pada hari kiamat yang menyebabkan kita masuk neraka dikarenakan kemaksiatan yang kita lakukan sedangkan kita mengetahui hukumnya dan hafal ayatnya, namun kita tak mempraktekkannya akan tetapi, tinggalkanlah kemaksiatan dan beramallah sesuai yang tertera dalam alqur'an. Sehingga nantinya pada hari kiamat kelak, al-qur'an menjadi penolong dan penerang bagi kita pada gelapnya keadaan nanti.

2. Memahami makna yang terkandung didalamnya.
pada poin nomor2, merupakan sebuah cara agar kita dapat dengan mudah menghafal alqur'an. Mungkin poin nomer 2 inilah yang sulit direalisasikan bAgi yang belum bisa bahasa arab. Maka saya tekankan disini bagi anda semua yang belum bisa bahasa arab, agar menyempatkan waktunya untuk mempelajari bahasa arab sedikit demi sedikit. Agar dapat dengan mudah menghafal alqur'an

3. Bacalah al-qur'an (per-ayat) berkali-kali sebelum menghafal.
Diantara salah satu cara agar hafalan kita tidak cepat lupa, juga agar kita mudah untuk menghafal alquran adalah dengan :

- membaca&mengulang-ulang 1ayat (yang panjang) alqur'an sebanyak 20 kali.
TAHAP 1
ìnilah salah satu cara yang terbaik dalam menghafal al-qur'an. Akan tetapi Jika ayatnya pendek, mungkin bisa dìkurangi porsi membacanya. Namun agar lebih baik dibaca 20 kali juga. Jika 1 ayat telah terselesaikan, maka beralihlah ke ayat yang berikutnya, dan lakukan seperti cara yang telah disebutkan. Begitulah dan seterusnya sampai anda telah menyelesaikan 4 ayat. Jika ke4 ayat tersebut telah terselesaikan maka bacalah mulai dari ayat 1-4 sekaligus sebanyak 20kali pula. Maka dengan sendirinya anda akan hafal ayat-ayat tersebut dan hafalan anda tidak akan cepat lupa dengan metode seperti ini.

TAHAP ke2
BacAlah ayat ke5 sampai 8 sebanyak 20 kali pula. Jika per-ayat telah terselesaikan, maka beralihlah ke ayat yang setelahnya. Jika ayat yang ke5-8 telah terselesaikan, maka ulangilah lagi dari ayat 5-8 sebanyak 20 kali pula, sampai benar-benar lancar. Jika sudah lancar, maka coba ulangilah&bacalah dari ayat 1-8 (tanpa melihat)
Sampai benar-benar berada di luar kepala. Kemudian beralihlah ke ayat yang selanjutnya dan lakukanlah metode yang sama.

TAHAP ke3
Apabila anda ingin menambah hafalan baru, maka janganlah anda sekali-kali meninggalkan (tidak mengulang) hafalan yang telah anda hafal sebelumnya. Hal ini dapat menyebabkan hafalan-hafalan lama anda cepat hilang. Bacalah terlebih dahulu sebanyaknya 20 kali. Jika telah selesai, maka bacalah hafalan lama anda dengan tidak melihat nash. Setelah itu, barulah anda menghafal ayat setelahnya dengan menggunakan cara yang telah disebutkan diatas.

4. Ikhlaskan niat hanya kepada Allah ta'ala.
Karena ikhlas kepada Allah ta'ala merupakan syarat diterima nya amal ibadah kita disisi Allah. Maka tujukanlah amalan mu hanya kepada Allah, karena jika anda mengerjakan amalan dikarenakan manusia, maka amalan anda tidaklah diterima Allah.

5. Carilah pembimbing tahfìzh mu yang ahli dalam masalah tahfizh.
Tips ini dilakukan agar bacaan-bacaan yang akan anda hafal nantinya bisa diketahui kesalahan-kesalahannya oleh sang pembimbing.
Terlebih lagi jika anda belum mahir dalam membaca al-qur'an. Terkadang kita menduga bahwa bacaan yang Kita baca sudah benar semuanya. Namun setelah diteliti oleh sang pembimbing, ternyata masih terdapat banyak kesalahan di dalamnya. Inilah yang kbanyakan orang tidak mengetahuinya. Jika bacaan-bacaan yang salah sudah terlanjur untuk dihafal, maka untuk membenarkannya terasa berat. Terlebih lagi dalam satu surat yang panjang, bacaan kita salah semuanya. Dan ini mushibah. Oleh karena itu, sangatlah diperlukan pembimbing dalam menghafal alquran dengan tujuan diantaranya untuk membenarkan bacaan kita yang salah.

6. Sempurnakanlah tajwid anda. Masuk didalamnya kelancaran, panjang&pendek suatu bacaan dan yang lainnya.
Kelancaran suatu bacaan, masuk didalamnya panjang dan pendek nya suatu bacaan beserta hukum tajwid yang lainnya akan membantu anda tuk menghafalkan alqur'an dengan cepat. Sebuah bukti yang nyata, terdapat 2orang yang sama-sama pintarnya dalam masalah hafalan. Orang pertama sudah lancar dalam membaca alquran disertai tajwidnya yang benar.
Namun orang yang ke2, belum lancar dalam membaca alqur'an, juga dalam masalah tajwidnya ia masih dikatakan jauh dr sempurna namun dalam masalah menghafal dua-duanya memiliki kemampuan diatas rata-rata. Setelah dilihat, ternyata orang yang pertama lebih unggul dibanding orang yang ke2. Orang yang pertama sangat cepat menghafal beberapa ayat yang panjang sekalipun. Namun orang yang ke2 terlihat kesulitan menghafal 1 ayat saja. Itulah, masalah tajwid dan bacaan, sangatlah berpengaruh pada hafalan seseorang.

7. Tentukanlah waktu yang tepat untuk menghafal.
Waktu pun sangatlah berpengaruh untuk hafalan anda. Maka tentukanlah waktu yang tepat bagi anda untuk menghafal. Terkadang ada orang yang tidak dapat menghafal pada waktu shubuh. Namun dapat menghafal pada 1/3 malam. Sehingga dengan waktu yang cocok, anda dapat menghafal dengan mudah nya.

8. Membaguskan bacaan alquran anda.
Bagusnya bacaan anda, dapat membuat anda untuk dapat berlama-lama membaca alquran tanpa membuatnya jenuh dan bosan. Sehingga dengan lamanya anda membaca alquran dan menghafalnya maka akan bertambah pula hafalan anda.

9. Berdo'a kemudian bertawakkallah kepada allah ta'ala.
Sehebat apapun kemampuan yang ada pada manusia, sepintar apapun manusia, jika Allah ta'ala menakdirkan kegagalan pada apa yang ia usahakan, maka gagallah. Karena kesuksesan dan segalanya hanyalah di tangan Allah semata. Seperti yang dikatakan oleh salah seorang ulama :''apa-apa yang Allah kehendaki pastilah terjadi. Dan apa-apa yang tidak Allah kehendaki tidaklah terjadi''. Maka tidak sepantasnya bagi seorang muslim yang hanya mengandalkan kemampuan yang ada pada dirinya saja, tanpa berdoa dan meminta bantuan kepada Allah ta'ala.

itulah beberapa di antara metode-metode untuk mempercepat hafalan kita dan menjaganya agar tidak cepat lupa. Namun tak berhenti disini saja. Masih ada beberapa tip & trik untuk menjaga hafalan alqur'an dalam otak kita. Karena seperti yang telah kita ketahui dari kenyataan-kenyataan yang ada bahwa kebanyakan orang ketika hafalannya sudah banyak, maka banyak pula hafalan-hafalan sebelumnya yang lupa. Dan ini tidaklah baik. Karena nilai hafalan seseorang dinilai dari kualitasnya, bukan dinilai dari kuantitasnya. Dalam arti lain, bahwa seseorang yang hafal 1 juz alquran dengan lancar dan dengan makhroj tajwid yang benar, lebih bagus daripada orang yang hafal 3 juz alquran tapi tidaklah lancar dan makhroj, tajwid nya salah. Inilah yang sering dianggap remeh oleh banyak orang.

Tags : Tips Menghafal Alqur'an Dengan Cepat | menghafal alquran dengan cepat | Hafal al-qur'an dengan tajwid | suara yang bagus | letak pengorbanan | mudah menghafal alqur'an | metode-metode untuk mempercepat hafalan | tip & trik untuk menjaga hafalan alqur'an

0 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63

poskan komentar Anda


Hai sob, bagaimana menurut anda postingan ini?
What your opinion about this post?

Upload Files Dsini

Bagi Anda yang ingin meng-upload file anda agar dapat didownload oleh orang lain, terlebih dahulu anda harus upload file tersebut. Upload file2 anda pada situs dibawah ini

Peluang Bisnis