Pesan Blog


Kustom Pencarian

Loading

Minggu, 28 Maret 2010

Cara Membedakan Madu Murni dan Palsu

Bookmark and Share
[Dah Dilihat Kali]
Metode yang kita bahas kali ini adalah, metode salah yang sudah menjamur dikalangan umum. Bila cara ini digunakan maka hasilnya akan terbalik. Madu yang asalnya asli, bisa berubah menjadi palsu dengan metode ini. Begitu pula sebaliknya.
Berikut kami sertakan bantahan-bantahan pakar madu dari dalam dan luar negri.

1. Berkaitan dengan telur.
KataNYA/kata ORANG (''nya'' atau ''orang'' siapa? Tidak tahu)
Bahwa, bila kuning telur dicampur dengan madu, maka kuning telur, menjadi masak dan menggumpal, itu cirinya madu asli. Inilah pendapat yang salah dari orang yang tak jelas, semakin kental madu maka kuning telur kan semakin masak. Maka jika dibandingkan dengan, madu riau yang agak encer, tentu saja kuning telur kurang matang dibuatnya. Adapun madu palsu yang dibuat kental, maka kuning telur akan semakin masak.
Maka dari cara ini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa, madu yang asli dapat berubah menjadi palsu. Begitu pula sebaliknya.
Pendapat seperti ini telah terbantahkan oleh ahmed latthif MD firdaus dalam bukunya, ''Madu Lebah Penawar Penyakit Zahir dan Bathin''

2. Berkaitan dengan pembekuan.
Bila madu dimasukkan kedalam freezer, maka madu akan mengkristal/membeku. Hal yang demikian salah. Karena ada sebagian madu asli yang membeku jika dimasukkan ke dalam frèèzer. Pengkristalan madu dapat disebabkan kandungan glukosanya yang lebih tinggi dari fruktosanya. Jadi tidak semua madu yang mengkristal itu palsu. Bahkan ada madu palsu yang dimasukkan kedalam freezer, tetapi tetap mencair. Ini bisa terjadi dikarenakan ada campuran kimia anti beku didalamnya. Padahal madu asli saja apabila dimasukkan ke dalam freezer, masih dapat membeku namun bekunya tidak keras seperti bekunya air. Namun walaupun sama-sama mengkristal, tapi tetap saja masih dapat dibedakan mana yang asli dan palsu. Yakni, pada madu yang palsu kristalnya berwarna putih seperti susu. Sedangkan pada madu yang asli, kristalnya berwarna cream atau kekuning-kuningan.

3. Berkaitan dengan madu dan semut.
Diantara anggapan yang salah juga, bahwasanya, apabila madu dikerubungi oleh semut, pertanda madu tersebut palsu. Padahal semut sangat suka dengan madu, salah satu buktinya, bahwa pada sarang madu ternak, bila tiang bawahnya tidak diolesi dengan minyak, maka semut akan naik dan memakan madu yang ada pada sarang lebah tersebut. Bahkan anak lebahnya pula dapat dimakan oleh semut.

4. Berkaitan dengan kertas.
Anggapan yang salah pula, apabila madu diteteskan diatas kertas koran, maka madu tersebut, tidak tembus kebawahnya. Pendapat ini juga salah. Karena tembus tidak nya madu di kertas koran bukanlah ditentukan dari asli atau tidaknya madu tersebut. Tetapi tergantung dari kadar airnya. Madu asli dari riau ini yang kadar airnya mencapai 22-26% tentu saja akan tembus di kertas koran . Sedangkan madu palsu dari gula pasir yang dibuat agak kental dengan kadar air 17-20% tentu akan lebih lama tembusnya di kertas koran. Jika seperti ini pedomannya, maka madu yang asli akan dibilang palsu. Dan madu palsu akan dibilang asli.
Kesemuanya itu dapat anda lihat dan anda dapatkan di buku ''LEBAH MADU Penawar Penyakit Zahir dan Bathin'' karangan Ahmed lathiff MD Firdaus hal 37-38 (buku terbitan malaysia dari Rosulullah shollallahu alaihi wasallam"

Tags : Cara Membedakan Madu Murni dan Palsu | ciri madu asli | madu riau | madu palsu yang dibuat kental | Pengkristalan madu | kadar air Madu asli | Ahmed lathiff MD Firdaus | buku ''LEBAH MADU Penawar Penyakit Zahir dan Bathin''

2 komentar:

Iqbal mengatakan...

Baca http://t4belajarblogger.blogspot.com/2010/01/menampilkan-nomor-urut-komentar-blogger.html 'Ad, di sana sudah ta' jelasin lengkap dengan langkah2nya_

Tutorial Blogger

Iqbal mengatakan...

Cara Membuat footer tiga kolom:
http://t4belajarblogger.blogspot.com/2009/11/cara-menambah-tiga-kolom-di-bagian.html

Tutorial Blogger

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63

poskan komentar Anda


Hai sob, bagaimana menurut anda postingan ini?
What your opinion about this post?

Upload Files Dsini

Bagi Anda yang ingin meng-upload file anda agar dapat didownload oleh orang lain, terlebih dahulu anda harus upload file tersebut. Upload file2 anda pada situs dibawah ini

Peluang Bisnis