Pesan Blog


Kustom Pencarian

Loading

Minggu, 05 September 2010

Kesalahan-kesalahan Yang Sering Dilakukan Kaum Muslimin di Bulan Ramadhan

Bookmark and Share
[Dah Dilihat Kali]
Bulan ramadhan merupakan bulan yang mulia dan penuh berkah. bulan dimana didalanmya terdapat sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan, malam lailatul qadar. bulan dimana diturunkannya alquran yang mulia ini. berbagai keistimewaan dan keutamaan dibulan ini sangatlah banyak dibanding bulan-bulan yang lainnya. maka sangatlah merugi orang orang yang menghabiskan waktunya dibulan ini dengan bermalas malasan dalam beribadah.

diantara kesalahan kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak kaum muslimin pada bulan ramadhan biasanya terjadi pada masalah shalat. pada awal bulan ramadhan sering kita dapati banyak orang yang berbondong bondong melaksanakan shalat berjamaah di masjid dengan semangatnya. mereka menghidupkan malam malam pertama bulan ramadhan dengan membaca alqur'an dan melakukan shalat tarawih namun yang sangat disayangkan ketika usai shalat tarawih banyak dari kalangan orang awam yang menghidupkan malamnya dengan memainkan petasan dan memainkan alat musik. ketahuilah, bahwa hal yang demikian merupakan hal yang tak ada manfaatnya sama sekali. engkau meledakkan petasan sama halnya dengan membakar uang disamping itu juga dapat memadhorotkan diri diri kalian. pikirkan apa yang akan kamu rasakan jika petasan tersebut meledak di matamu. dari permasalahan tersebut maka islam melarangnya.

allah berfirman dalam surat alisra' yang artinya:
"Janganlah engkau melakukan penghamburan. sesungguhnya orang orang yang melakukan tabdzir merupakan saudara syetan"

juga rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda pada haditsnya yang shaheh. yang artinya:
"dari bagusnya islam seseorang adalah meninggalkan hal hal yang tidak bermanfaat"

juga rasulullah bersabda dalam hadits shahih yang lain. beliau bersabda yang artinya:
"tidak ada yang memadhorotkan diri sendiri dan memadhorotkan orang lain"

dalam kata lain janganlah engkau melakukan sesuatu yang memadhorotkan dirimu sendiri dan memadhorotkan orang lain.

kesalahan lain yang sering dilakukan oleh kebanyakan kaum muslimin khususnya orang orang awam terkait masalah musik. sudah sering kita dapati banyak orang awam yang menggunakan waktunya seusai shalat tarawih atau lebih tepatnya pada pertengahan malam menghabiskan waktunya untuk bermain musik. terkadang mereka mengeraskan volume musiknya sehingga terdengar dari kejauhan. hal yang demikian sungguh sangat-sangat dilarang oleh islam. pikirkan, berapa banyak kaum muslimin yang terganggu ibadahnya dikarenakan lantunan syetan ini? berapa banyak orang yang terganggu istirahatnya dikarenakan lantunan syetan ini? apakah kamu tidak berpikir terhadap orang yang mengakhiri hidupnya dengan mengucapkan nyanyian nyanyian yang tidak bermanfaat? lagu dan nyanyian yang muncul dari mulutnya dengan sendirinya ketika sakaratulmaut. yang semestinya ucapan "lailahaillallah" merupakan ucapan terakhirnya namun lagu dan nyanyian yang malah menjadi ucapan terakhirnya. Berpikirlah apa yang akan terjadi ketika di akhirat kelak. ia menutup lembaran akhirnya dengan suul khotimah. ending yang buruk. lihat disini seputar hukum dan masalah musik.

dan diantara kesalahan yang sering terjadi dan banyak dilakukan oleh kaum muslimin seperti yang tadi kita katakan bahwa pada awal bulan ramadhan mereka bersemangat memakmurkan rumah-rumah Allah dengan berbagai macam ibadah. namun ketika datang hari hari terakhir ramadhan mereka justru bermalas malasan melaksanakan ibadah. yang semestinya pada akhir bulan ramadahan mereka bersemangat menjalankan ibadah di dalamnya. justru mereka merasa bosan melaksanakan ibadah. bahkan sering kita dapati khususnya ketika shalat subuh, masjid terlihat sangat sepi di banding waktu-waktu lainnya. dalam hal ini layaknya kita berpikir dan memikirkan sejenak akan malam yang mulia. malam lailatul qadar. malam yang lebih baik dari seribu bulan yang tidak akan kita dapati selain pada malam terakhir bulan ramadahan. sungguh sangatlah merugi orang-orang yang menghabiskan malam terakhir bulan ramadhan dengan bermalas malasan..

itulah kesalahan-kesalahan yang sering kita dapati pada banyak kaum muslimin di bulan ramadhan.
semoga yang tadi kita sampaikan bisa bermanfaat untuk semuanya.
akhir kata
wassalamu'alaikum...

tags: Kesalahan-kesalahan Yang Sering Dilakukan Kaum Muslimin di Bulan Ramadhan

0 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45
:46 :47 :48 :49
:50 :51 :52 :53
:54 :55 :56 :57
:58 :59 :60 :61
:62 :63

poskan komentar Anda


Hai sob, bagaimana menurut anda postingan ini?
What your opinion about this post?

Upload Files Dsini

Bagi Anda yang ingin meng-upload file anda agar dapat didownload oleh orang lain, terlebih dahulu anda harus upload file tersebut. Upload file2 anda pada situs dibawah ini

Peluang Bisnis